Para siswa kelas XII SMK Katolik St.Louis sedang melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sejak awal bulan Februari 2022 sampai bulan Maret 2022.  UKK terbagi mejadi dua bagian yaitu UKK internal dan UKK eksternal. Di bulan Februari ini, jurusan TKJ melaksanakan UKK internal. UKK TKJ internal dilaksanakan mulai tanggal 5 dan 19 Februari 2022. UKK eksternal TKJ dilaksanakan tanggal 8-9 April 2022. UKK internal dan UKK eksternal dilaksanakan di laboratorium masing-masing jurusan. Penguji UKK internal yaitu para guru pengampu Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang berjumlah 6 orang. UKK eksternal TKJ dilaksanakan dengan mendatangkan IDUKA PT. Radnet Digital Indonesia. Setelah mengikuti UKK eksternal maka para siswa TKJ akan mendapat sertifikat dari IDUKA yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan.

Sebelum melakukan UKK, para siswa wajib membuat makalah yang disertai hasil penelitian sesuai bidang masing-masing. Makalah yang akan dibuat oleh para siswa disesuaikan dengan tema yang telah dipilih. Tema UKK internal yaitu Konfigurasi Mikrotik sebagai Gateway atau Manajemen Hosting. Tujuan utama dilaksanakannya UKK internal dan UKK eksternal yaitu untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi keahlian, untuk mengevaluasi kemampuan siswa, dan menjalin hubungan kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).

Saat UKK, para siswa wajib mempresentasikan makalah yang telah dibuat dan mempratikkan penelitian yang telah dilakukan. Presentasi UKK ini harus disiapkan dengan cermat dan teliti. Selain itu, peserta UKK harus menguasai tema, materi, teori, alat dan bahan yang digunakan sehingga raung presentasi dapat dikuasai dan siswa mendapatkan nilai terbaik. Jika presentasi UKK internal dapat terlampaui maka bisa dipastikan UKK eksternal dapat terlewati dengan mudah karena sudah memiliki persiapan yang matang dan bermutu. UKK ini merupakan waktu pembuktian bagi siswa dalam menunjukkan kompetensi yang telah dikuasai selama tiga tahun di SMK St.Louis. Jika dapat terlewati dengan sukses maka jenjang dunia kerja dapat diraih dengan mudah

Ratna Kusuma Tamsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!