Bulan Februari 2022 ini, para siswa kelas XII MM menjalani UKK internal. Para siswa membuat makalah dengan memilih salah satu tema yaitu membuat animasi dan video iklan layanan masyarakat, film pendek dan video dokumenter, desain aplikasi pembelajaran. Setelah melalui tahapan konsultasi dengan pembimbing teknik terkait konten dan konsultasi dengan pembimbing bahasa terkait tata bahasa maka makalah tersebut siap untuk dipresentasikan. Hal-hal yang perlu dipersiapkan saat presentasi makalah yaitu kemampuan menguasai tema, alat dan bahan, teori yang mendukung, dan hasil penelitian. Para siswa juga harus menyiapkan mental terutama kepercayaan diri agar saat presentasi mampu meyakinkan penguji.

UKK terdiri dari ujian internal dan ujian eksternal. UKK internal dilakukan oleh guru pengampu Kompetensi Keahlian Multi Media yang berjumlah 5 orang. UKK eksternal dilakukan pada bulan April dengan mendatangkan IDUKA dari Production House dan Praktisi Film. Tujuan diadakannya UKK yaitu mendapat sertifikasi dari dunia industri, syarat kelulusan, untuk mengevaluasi kemampuan siswa, dan menjalin hubungan kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Pelaksanaan UKK internal di Jurusan Multi Media dilaksanakan selama seminggu dan dibagi dalam tiga pos ujian yaitu mempresentasikan makalah dan hasil karya siswa, ujian praktik,  dan ujian tulis.

Tanggal 7-12 Februari 2022, UKK dilaksanakan secara offline, namun  saat Surabaya memasuki PPKM 3, maka UKK dilaksanakan secara online. Yang harus disiapkan siswa saat ujian makalah internal maupun eksternal yaitu mereka mempresentasikan makalah dan hasil karya yang telah dibuat, membuat animasi, mendesain aplikasi dan editing. Selain itu, para siswa harus percaya diri saat mempresentasikan makalah. Jika semua itu terlampaui maka bisa dipastikan keberhasilan di genggaman. Takkan ada hasil yang mengkhianati usaha. Semaksimal mungkin berusaha maka keberhasilan tak pernah meninggalkan kita.

Ratna Kusuma Tamsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!