Pada tanggal 12 November 2021. Seluruh anak kls 10 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) melakukan pengenalan industri di PT. Telkom Akses, dijalan Kebalen, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Ini cerita singkat saat pengenalan industri.

Setelah acara dibuka kami diperlihatkan sebuah video tentang profil Telkom Grup. Dalam video tersebut kami bisa melihat dari dulu hingga sekarang Telkom Grup selalu berkembang menjadi yang terbaik  dan nomor 1 di Indonesia, hingga dapat meraih banyak prestasi dan penghargaan. Tidak hanya itu Telkom Grup juga diakui oleh bapak Presiden Jokowi sendiri. Telkom Grup sangat berpengaruh di Indonesia apa lagi di Dunia Pendidikan. Banyak orang-orang di pedalaman sana yang butuh internet dan sudah berhasil tercapai oleh Telkom. Sampai saat ini Telkom memiliki anak perusahaan sendiri yang sangat maju dan selalu berkembang. Anak perusahaan hasil dari kerjasama perusahaan lain salah satu nya adalah Telkomsel. Selesai menonton video diperdengarkan kami pun diberikan materi tentang pijar. Pijar adalah salah satu aplikasi pendidikan yang sangat berguna bagi kalangan para anak sekolah dan para pelajar. Di dalam pijar kita bisa melakukan meeting dan mengerjakan tugas yang dapat langsung di nilai. Aplikasinya pun dapat membantu guru-guru dalam melakukan absensi.

Setelah kami diberikan materi tentang pijar kami pun pergi ke workhouse di dalam workhouse kita bisa melihat barang-barang dari Telkom yang biasanya digunakan untuk memasang WiFi dan lainnya. Kami pun diperlihatkan satu persatu barang tersebut dan dijelaskan tentang apa kegunaanbarang tersebut. Lalu kami pun diberikan materi tentang beberapa kabel bahwa kabel yang gunakan saat memasang WiFi itu bukan sembarang kabel. Dulunya pemasangan WiFi atau internet biasanya dengan tembaga sedangkan sekarang kita menggunakan kabel fiber optik yang semakin tau nya kita semakin berkembang juga dan semakin canggih tentunya. Kabel fiber optik biasanya dibagi dua bisa dimasukkan kedalam tanah dan udara. Biasanya kita liat kabel fiber optik digunakan di tiang-tiang, sedangkan didalam tanah dan didalam air ada unsurnya tergantung berapa jumlah fiber optik, ada yang 190 dan bisa pun lebih. Nah ada pun pelindung laut dan tanah itu bermacam-macam salah satunya HDPE. Setelah dari workhouse kami pun pergi ke lab. Didalam lab kami diperlihatkan cara menyambung dan memotong kabel fiber optik. Pemotongan fiber optik tidak dilakukan sembarang tapi dengan alat-alat khusus, supaya dalam proses penyambungan kabel fiber optik bisa tersambung dengan baik. Kabel fiber optik sangat tipis karena terbuat dari materi kaca atau fiberglass. oleh karena itu dalam proses pemotongannya menggunakan alat khusus agar rapi dan sempurna untuk bisa disambung. Tidak lama tersebut pun kami melakukan praktek. Memang kalau kita liat prosesnya sangat mudah tetapi saat kita mencoba melakukan pemotongan dan penyambungan adalah proses yang sangat susah.

Pengenalan Industri di PT. Telkom sangat bisa digunakan dalam proses magang. Kita anak kelas 10 TKJ dari SMK Katolik St. Louis  sangat berterima kasih karna adanya pengenalan industri ini membuat kami lebih paham lagi tentang bidang pekerjaan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ). Setelah banyak penjelasan dan banyak praktek kami pun saat nya pulang. Kami pun saat pulang tidak dengan tangan kosong, teman-teman kita mendapat makanan, materi, pengalaman dan ilmu-ilmu yang sangat berguna dibidang kami.

(Michelle Angeline/ X TKJ 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!